Senkom Jatim Kerahkan Anggota Penanganan Banjir Bandang di Batu


 

Senkom Mitra Polri mendapat tugas dari BPBD untuk membantu pengamanan dan pengelolaan Logistik mulai dari menerima, mencatat, mengklasifikasi, menyimpan bantuan dari donatur serta menyiapkan bantuan sesuai permintaan kebutuhan dilapangan

 Kota Batu, 5/11/2021 Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu pada Hari Kamis, 4 November 2021 menyebabkan banjir bandang di 6 titik lokasi Dusun Sambong, Dusun Beru Desa Bulukerto, Desa Sumberbrantas, Dusun Gemulo Desa Punten Kecamatan Bumiaji dan Jl. Raya Selecta Desa Tulungrejo, Jl. Raya Dieng Desa Sidomulyo Kecamatan Batu, Kota Batu

Hal itu disampaikan Ketua Biro Penanggulangan Bencana & SAR Senkom Jatim Lukman Hakim, S.M, melalui sambungan seluler.

Ketua Biro Penanggulangan Bencana & SAR Senkom Jatim Lukman Hakim bersama Kasi Sumber Daya Basarnas

Hasil assesment sementara ada enam orang dinyatakan meninggal dan satu orang masih dalam proses pencarian, ada 89 KK terdampak, 35 rumah rusak, 33 rumah terendam lumpur, 7 mobil dan 73 motor rusak akibat banjir bandang.

Tercatat ada 1.550 petugas terdiri dari TNI 750, POLRI 450, Satpol PP 40, BPBD 60, Tagana 50, FPRB 20 dan kurang lebih 180 personel dari relawan termasuk 30 relawan Senkom Rescue dengan pembagian tugas berbeda-beda, ada yang bertugas di pencarian korban, pembersihan material banjir bandang, perbaikan kerusakan akibat banjir bandang, pendataan Kebutuhan darurat terkait logistik dan obat-obatan. 


Sementara itu, Ketua Senkom Mitra Polri Kota Batu Jatim H. Bambang Riyadi mengatakan Senkom Mitra Polri mendapat tugas dari BPBD untuk membantu pengamanan dan pengelolaan Logistik mulai dari menerima, mencatat, mengklasifikasi, menyimpan bantuan dari donatur serta menyiapkan bantuan sesuai permintaan kebutuhan dilapangan. 

“Dijadwalkan 24 jam dengan 3 shift setiap hari 30 personil dan seterusnya akan dibantu dari Senkom Mitra Polri dari Kabupaten dan Kota Malang” ujar Ketua Senkom Mitra Polri Kota Batu Jatim H. Bambang Riyadi. 

Wakil Walikota Batu Ir. H. Punjul Santoso, S.H., M.M yang meninjau langsung lokasi bencana menjelaskan “Alhamdulillah 60% akses jalan yang putus akibat banjir bandang mulai bisa dilewati, alat berat dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) sudah kita kerahkan untuk membersihkan material akibat banjir bandang dan kami ucapkan terimakasih kepada para relawan dan masyarakat yang telah bergotongroyong membantu warga terdampak ” (HAG/ONE)












Posting Komentar

0 Komentar