TPPKK Yosomulyo Sosialisasikan Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Di Era Digital


Triposa dalam sambutannya mengatakan semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat dunia memasuki era baru yang sering dikenal dengan era digital. "Era baru ini memiliki tantangan tersendiri dalam mengasuh sang buah hati," ujarnya.


Penakota- Banyuwangi Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Yosomulyo Kecamatan Gambiran mengelar Sosialisasi Pola Asuh Anak Di Era Digital bertempat di Ruang Kantor Desa Lantai 2, Jumat (14/7/2023). Acara ini sebagai penyuluhan peran orang tua dalam pengawasan penggunaan media sosial pada anak usia dini, agar membantu meminimalisir dampak negatif dari penggunaan media sosial yang berlebihan


Sosialisasi Pola Asuh Anak Di Era Digital ini diikuti oleh Kader TP PKK, Kader Posyandu dan istri Ketua RT serta Mahasiswa peserta KKN-BBM Universitas Airlangga Periode 68. Secara resmi dibuka langsung oleh Triposa Joko Utomo, Ketua TP PKK Desa Yosomulyo. Dengan narasumber Asmanah, S.Pd  adalah seorang pengajar dan Kepala Sekolah SDN 5 Yosomulyo.

Triposa dalam sambutannya mengatakan semakin pesatnya perkembangan teknologi membuat dunia memasuki era baru yang sering dikenal dengan era digital. "Era baru ini memiliki tantangan tersendiri dalam mengasuh sang buah hati," ujarnya.

"Anak adalah harapan orang tua, harapan masa depan keluarga bahkan bangsa. Oleh karena itu anak perlu diperhatikan pola asuhnya, pola asuh yang responsif digital, bisa menumbuhkan pola pikir kritis pada anak. Sehingga di tengah gempuran games online, informasi, anak bisa menilai sendiri manfaat sebuah gawai, gadget/ HP bahkan sebuah berita, apakah kredibel atau hoax,”imbuhnya.

"Di era digital ini saya rasa peran orang tua sangat vital dalam membimbing anak. Pengasuhan tidak hanya dipanggul di pundak ibu. Peran ayah juga dibutuhkan. Mereka turut menumbuhkan karakter yang kuat pada anak. Selain itu, orang tua juga harus mengembangkan pola komunikasi aktif pada sang anak, sehingga anak tidak hanya berhadapan dengan HP saja, namun ada ayah, ibu yang asik untuk diajak berkomunikasi," jelas Triposa.

Terpentingnya adalah orang tua harus melakukan pendampingan kepada anaknya saat si anak bermain HP. "Orang tua harus lebih bijak saat memberikan kebebasan pada anak untuk mengakses internet dan berselancar di dunia maya. Meski ada pelajaran menggunakan teknologi digital, tentunya harus tetap dengan pengawasan orang tua,” ungkapnya.

Asmanah pada materinya mengungkapkan, “Saya menyambut baik pentingnya diselenggarakan sosialiasi ini, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Pola Asuh Anak Di Era Digital yang harus dipahami oleh masyarakat. Untuk itu saya minta kepada peserta hari ini agar dapat mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat.

Peran orangtua dalam kemajuan teknologi dikaitankan dengan pendidikan anak sangat penting khususnya dalam mengawasi perilaku buah hati saat menggunakan perangkat digital. Pasalnya, kemudahan informasi yang dapat diakses tanpa batas.

"Pola asuh orangtua dalam lingkungan keluarga sangat menentukan nilai-nilai yang didapatkan oleh anak. Perubahan kebiasaan yang begitu pesat juga seperti berkembangnya teknologi saat ini harus menjadi perhatian setiap orang tua,” pungkasnya

Posting Komentar

0 Komentar